asal-usul nenek moyang indonesia

Banyak pendapat yang muncul dari para ahli mengenai asal-usul nenek moyang indonesia, dan beberapa yang dapat saya rangkum sebagai berikut :

perseberan nenek moyang indonesia

  • Prof.Dr.H.Kern
    Ia menyatakan bahwa bangsa indonesia berasal dari daratan asia. Hal ini dibuktikan dengan penggunaan bahasa. Bahasa yang digunakan di indonesia, polynesia, dan melanesia berasal dari bahasa yang sam ayaitu bahasa austronesia. Hasil penelitian kern juga menunjukkan nama-nama binatang dan alat perang yang ada.
  • Prof.Dr.Kroom
    Menurut prof. dr. kroom asal usul bangsa indonesia berasal dari asia tengah, pendapat ini dilandaskan pada bukti bahwa ada sungai besar di cina yang menjadi sumber kehidupan manusia. Kemudian dari sinilah mereka menyebar ke indonesia sekitar tahun 2000 SM sampai tahun 1500 SM.
  • Hogen
    Bang yang mendiami daerah pesisir melayu berasal dari pulau sumatera. Bangsa ini bercampur dengan bangsa mongol kemudian disebut sebagai bangsa proto melayu dan dutro melayu
  • Dr.Brandes
    Bangsa yang tinggal di indonesia memliki banyak persamaan dengan bangsa-bangsa yang ada di daerah yang membentang dari sebelah utara pulau formosa hingga sebelah barat daerah madagaskar. Sebelah selatan jawa-bali, dan sebelah timur hingga tepi pantai barat amerika, pendapat brandes juga dilandasi oleh perbandingan bahasa.
  • Prof.Muhammad Yamin
    Bangsa Indonesia berasal dari indonesia sendiri, hal ini dibuktikan dengan penemuan-penemuan Fosil dan Artefak tertua dengan jumlah yang lebih banyak dan lebih lengkap di Indonesia.
  •  Drs.Moh.Ali
    Bangsa Indonesia berasal dari daerah Yunan, pendapatnya dipengaruhi oleh pendapat Moens yang berpendapat bahwa bangsa Indonesia  berasal dari Mongol dan terdesak oleh bangsa-bangsa yang lebih kuat,dan akhirnya menyebar ke wilayah Indonesia,menurutnya nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari hulu-hulu sungai besar di Asia  dan kedatangannya  di Indonesia secara bergelombang  tahun 3000 SM-1500 SM sampai tahun 1500 SM-500 SM. Pendapatnya didukung oleh suatu pernyataan tentang Blod und Breden Unchro yang berarti darah dan tanah  bangsa Indonesia  berasal dari Indonesia sendiri.
  • Mayumdar
    Bangsa-bangsa yang menggunakan bahasa austronesia berasal dari india, lalu menyebar ke indho-china kemudian ke daerah indonesia dan pasifik. Pendapat ini didukung oleh penelitian berdasarkan bahasa austria yang merupakan bahasa muda di india timur.
  • Max.Muller
    Max. muller menyatakan bahwa asal usul bangsa indonesia berasal dari daerah asia tenggara.

peta-indonesia

  • Van Heine Geldren
    Bangsa indonesia berasal dari daerah asia, pendapat ini dilandaskan dengan ditemukannya artefak-artefak yang ada di indonesia memiliki kesamaan dengan artefak yang ada di daratan asia.
  • Prof.Dr.Aswan Mutakin, M.P.d dan Drs.R.Gunawan Kamil Pasya, M.S.i
    Gelombang migrasi manusia pertama kali berlangsung sekitar 3000 SM. Yaitu berpindahnya ras kaukasoid yang berasal dari laut tengah ke cina utara melalui lenbah sungai kunig.kemudian mereka bercampur dengan suku aborigin, sehingga menghasilkan ras mongoloid. Sebagian dari mereka lalu berpindah ke indonesia bagian barat dan tengah.

sumber

Tentang igast749

Penulis buku "Noitec Demonticus" yang belum terbit. @iimamgazali
Gambar | Tulisan ini dipublikasikan di info blogger, sekolah dan tag , , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke asal-usul nenek moyang indonesia

  1. Eli Yuliana berkata:

    thanks, bantu gue nyelesain tugas sejarah ;)

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s