asal usul spbu

Spbu adalah tempat untuk membeli bahan bakar bensin maupun solar untuk kendaraan yang kita gunakan setiap hari. Tapi taukah kalian bagaimana asal mula ditemukannya sbpu? bila tidak simaklah penjelasan dibawah ini.

asal usul spbu
Setelah ditemukan minyak dan kendaraan berbahan bakar gasolin maka para pengendara sudah mulai mencari tempat penjualan gasolin di toko-toko besi yang menjual bahan bakar serta minyak pelumas. jhon mclean pada tahun 1907 mendapatkan ide yang sangat bagus, idenya itu adalah memasang tangki yang berkapasitas 30 galon kemudian menyambungkannya ke gelas ukur dengan sebuah selang. Gelas ukur itu berfungsi untuk menakar jumlah gasolin yang akan dibeli oleh pembeli. dengan begini jadilah sebuah SPBU pertama di dunia.

Namum pada waktu itu banyak perlawanan yang dilakukan oleh pemerintah oleh kepada pom bensin pertama di dunia karena dikhawatirkan akan bahaya kebakaran. Kemudian pada tahun 1914 standar membuka 34 spbu. Kemdian perkembangan spbu ini terus berlanjut dengan ditambahnya fasilitas tambah udara untuk ban.
Pada akhir tahun 1919, perusahaan standard oil co telah memiliki 218 spbu yang tersebar 5 kota yaitu Washington, Oregon, California, Nevada dan Arizona. Kemudian jumlah spbu yang dimiliki oleh perusahaan ini bertambah menjadi 700 unit pada tahun 1923.

Perkembangan spbu juga didorong oleh perkembangan jalan raya yang mendorong orang-orang untuk bepergian dalam jarak yang jauh. Oleh karena itu standard meningkatkan fasilitas di spbu untuk menarik para pemilik perusahaan untuk singgah.

sumber

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s