fungsi kerikil pada rel kerata api

Sering kali kita melihat rel kereta api pasti ada banyak batu kerikil yang bertebaran, hal ini pun membuat saya penasar untuk mengatahui apa funsgi batu kerikil itu sendiri. Setelah membaca beberapa artikel, saya pun menyimpulkan fungsi kerikil pada rel kereta api sebagai berikut ini.

rel kereta api

    1. Batu kerikil pada rel kereta api berfungsi sebagai pemberat agar kereta api yang melintas di atasnya dapat berjalan dengan baik tanpa guncangan yang besar. Coba bayangkan kalau kita naik kereta api terus relnya bergoyang-goyang, pasti siapapun yang menaikinya pasti takut.
    2. Ketika kereta api melewati rel maka batu kerikil berfungsi untuk menyerap getaran, hal ini bertujuan agar rel kereta api tidak cepat rusak dan dapat digunakan dalam waktu yang lama.
    3. Baru kerikil juga berfungsi untuk memperlancar aliran air saat hujan. Sehingga dapat mencegah erosi yang terjadi di sekitar rel kereta.
    4. Batu kerikil juga berfungsi untuk menghambat tumbuhnya rumput pada rel. bila rumput tumbuh di sekitar rel maka tanah akan gembur sehingga bila ada kereta yang lewat maka rel tidak akan stabil.

rel kereta api di jembatan

tapi ada juga rel kereta api yang tidak memerlukan kerikil, hal itu tergantung dari posisi dan tempat dimana rel dibangun. Contohnya saja seperti rel yang ada di atas jembatan atau jalan raya tidak memerlukan kerikil. Dalam hal ini fungsi kerikil sudah diambil alih tugasnya oleh mekanisme yang lain.

sumber

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s