negara yang pernah diserang oleh indonesia

Banyak yang mengatakan indonesia itu adalah negara yang hanya bisa dijajah, tapi tahuka kalian ternyata indonesia pernah melakukan pada 5 negara. Ini benar-benar invansi yang dilakukan oleh tentara RI. Langsung saja ini dia negara yang pernah diinvasi oleh indonesia.
kapal perang

Timor leste

Indonesia pernah melakukan invasi pada negara timor leste pada tanggal 7 desember 1975. Hal ini dilatar belakangi karena adanya desakan dari amerika serikat dan australia yang ingin agar fretin yang memiliki paham komunis tidak berkuasa di timor leste. Sebuan indonesia itu juga adanya kehendak sebagian rakyat timor leste untuk bersatu dengan tanah air dengan alasan memiliki etnik dan sejarah yang sama.

Papua barat

Operasi pembebasan irian barat atau sering di sebut sebagai operasi trikora adalah konflik yang terjadi selama 2 tahun yang dilakukan untuk menggabungkan wilayah papua bagian barat. Soekarno pada waktu itu menjadi presiden pada tanggal 19 desember 1961 mengumumkan agar melaksanakan trikora di alun-alun yogyakarta dan ia juga membentuk komando mandala. Ia menunjuk mayor jendral soeharto untuk menjadi panglima pada operasi ini dengan misi adalah merencakan, mempersiapkan, dan menyelenggarakan operasi militar untuk menggabungkan papua bagian barat dengan indonesia.

Malaysia

Menteri luar negeri indonesia soebadrio pada tanggal 20 januari 1963 mengumumkan bahwa indonesia siap untuk bermusuhan dengan malaysia. Sukarelawan indonesia (pasukan militer tidak resmi) pada tanggal 12 april mulai memasuki sarawak dan sabah untuk menyebar proganda dan melaksanakan penyerangan. Sebuah rapat raksasa dilakukan di jakarta pada tanggal 3 mei 1963. Dimana pada saat itu sukarno mengumumkan printah dwikora yang berisi :”petinggi ketahanan revolusi indonesi, batu perjuangan revolusioner rakyat malaya, singapura, sarawak dan sabah, untuk menghancurkan malaysia.

Malaka

Raja demak tapi unis telah merencanakan untuk menguasai malaka sejak tahun 1509. Pada waktu itu malaka berada dibawah kekuasaan sultan malaka. Dengan kata lain serangan demak ke malaka adalah sebuah invasi. Laksamana armada Portugis Alfonso D’Alburquerque menduduki pati unus dengan menaklukan mala pata tahun 1511, kemudian sultan mahmud syah melarikan diri ke bintan.

singapura

usman lahir di banyumas, jawa tengah pad atahun 1943. Kemudian harun lahir di surabaya pada tahun 1947. itu adalah sebuah nama samaran untuk melakukan sabotase dengan cara menyusup ke singapur dalam rangka operasi dwikora. Mereka tergabung pada tim sabotir. Dengan bermodalkan 12,5 kg bahan peledak mereka meledakkan sebuah mabunan mc donald yang mengakibatkan 3 orang tewas dan yang lainnya mengalmi luka-luka.

sumber

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s