jadi karyawan atau wirausaha

Untuk berkarir dimasa depan ada dua pilihan, yaitu menjadi karyawan atau berwirausaha. Jadi pilihan mana yang terbaik untuk kita?

Sebenarnya sejak kuliah pada semester pertama kita seharusnya sudah menentukan profesi yang akan di jalani, apakah kita memiliki untuk menjadi karyawan atau berwirausaha. Menurut teori yang ada usia yang baik untuk menentukan profesi adalah pada umur 18 tahun. Hal inilah yang akan menjadi latar belakang

karyawan

bidang kompetensi yang mana akan dipelajari secara lebih detail saat masa kuliah.

Pada dasarnya setiap karir itu memiliki tiga tahapan penting. Yang pertama adalah tahapan yang dimulai pada anak yang berusia tidak lebih dari 12 tahun, dimana mereka memiliki cita-cita yang akan berubah sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada.

Kemudian tahap kedua adalah tahap penyeleksi perofesi, hal ini pada umumnya dilakukan ketika usia 12 hingga 18 tahun. Dimana pada tahap ini seseorang akan memilah-milah profesi. Ia kan mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan dari suatu profesi dan membandingkannya dengan profesi yang lain

Tahap ketiga adalah tahap yang dimana seseorang sudah memilih profesi yang akan ia jalani. Tahap ini dimulai pada umur 18 tahun dimana seseorang telah memasuki masa perkuliahan. Artinya bila seseorang ingin menjadi dokter maka ia akan mengambil fakultas kedokteraan pada saat masa perkuliahan

Jika kita ingin menjadi karyawan, maka sebaiknya anda merencakan lama anda berkarir, contohnya sebagai berikut :

  1. Perencanaan berkarir dalam jangka pendek yaitu maksimal 2 tahun. Disini kita harus mempunyai target untuk memahami ilmu yang di dalami.
  2. Perencanaan berkarir dalam jangka menengah, yaitu sekitar 2 hingga 5 tahun. Disini kita memiliki target untuk mengasah skill atau kemampuan yang kita miliki.
  3. Jarak panjang, yaitu perencaan yang jangka waktunya lebih dari 5 tahun, targetnya adalah kita memiliki pengalaman dan keahlian dibidang yang kita dalami.

jika kalian ingin menjadi seorang pebisnis, maka sebaiknya anda mempersiapkan :

  1. Pada waktu awal kuliah, kita harus mampu membuat perencaaan bisnis yang baik.
  2. Harus sering-sering berinteraksi dengan pengusaha-pengusaha yang sukses. Tujuannya adalah mendapatkan pengalaman-pengalam dalam hal berbisnis.
  3. Sering-sering membaca kisah-kisah menarik yang bersifat inspiratif dari pada pengusaha yang sukses.
  4. Pilihlah bidang bisnis yang kita sukai, dimana kita memiliki kemampuan di bidang tersebut. Contohnya saja seorang pemuda mencai olahraga, maka ia memilih untuk menjual alat-alat maupun segala sesuatu yang terkait dengan olahraga.

jadi kalian ingin jadi seorang pebisnis atau karyawan dari sebuah perusahaan.

sumber

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s