sejarah komputer dan perkembangannya

Charles babbage adalah seorang ilmuwan tdunia yang telah memberikan banyak pengaruh terjadap kehidupan manusia, khususnya dibidang perkembangan komputer. Pertama ia menemukan sebuah mesum penghitung, dimana penemuannya ini termasuk salah satu yang paling terkenal dalam sejarah perkembangan komputer.

Kalkulator ini juga adalah kalkulator sejarah komputer otomatis pertama sebagi cikal bakal komputer. Karena hal itu chaerles babbage dijuluki sebagai bapak komputer.Berikut ini sejarah komputer dan perkembanganya:

1822 : charles babbge mengemukakan idenya, yaitu sebuah alat yang dapat membatu manusia dalam melakukan perhitungan dalam tingkat yang tinggi dan rumit. Mesin hitungnya itu sekarang ada di museum of science london.

1937:Dr. john v atanasoff dan clifford berry membuat mesin yang bernama ABC (atanasoff-berry computer) sebuah design komputer digital elektronis pertama. Mesin ini hanya mampu mengoprasikan tambah dan pengurangan saja.

1943 :Sewaktu perang dunia ke 2, alan turing seorang ilmuwan inggris mendesain sebuah komputer elektronik yang dibuat untuk tentara inggris. Tujuan pembuatan komputer ini adalah untuk dapat menembus kode pertahanan jerman.

perkembangan komputer

1944 : Howard hathaway aiken seorang yang berkebangsaan amerika membuat sebuah komputer digital pertama di dunia yang diberi nama mark I. komputer tersebut memiliki berat 35 ton dan luas 7,45 x 50 kaki. Komputer ini dapat digunakan untuk menghitung probabilitas.

1946 : dr. john w. mauchly dan j. presper eckert, jr membuat sebuah skala besar yang pertama yang diberi nama ECNIAC (electronic numerical integrator and computer). Banyak yang menganggap bahwa mereka penemu komputer digital. Komputer ECNIAC memliki berat 30 ton, terdiri 18.000 lampu tabung, dan memakai tenaga 160.00 watt. Ketika pertama kali dioperasikan, seluruh jaringan listrik di wilayah philadephia mendadak mati. ECNIAC dapat melakukan operasi tambah, kurang, kali, bagi dan proses sederhana lainnya.

1951 : The U.S bureau of cuncus membuat komputer komersial pertama yang diberi nama UNIVACI. Komputer ini dikembangkan olej mauchly dan eckert untuk remington-rad corporation.

1947 : william shockley, john bardeen, dan walter brattain menemukan transistor pertama di dunia, dan setelah transistor ada ukuran komputer semakin kecil. Dari yang besarnya 1 ruangan dan hingga saat bisa masuk ke dalam tas atau kantong celana.

Inilah yang dapat saya rangkum pada artikel ini, mudah-mudahan bermanfaat untuk teman-teman semua.

sumber

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s