fakta tentang hujan

sebenarnya aku tidak punya ide untuk buat artikel untuk hari ini, tapi tiba-tiba rumah gw di guyur hujan. kemudian saya ingin mencari tau tentang fakta-fakta tentang hujan, dan inilah yang saya dapat rangkum.

hujan

  • Kecepatan air ketika jatuh ke bumi itu cukup pelan, sekitar 8 hingga 10 km/jam. Sedangkan untuk salju memiliki kecepatan kira-kira 3 hingga 6 km/jam.

  • Ketinggian minimal awan yang membawa hujan adalah 1.200 meter dari permukaan tanah. Pada ketinggian seperti ini bisa-bisa air hujan membeku dan menjadi butiran salju.
  • Titik hujan yang jatuh berubah bentuk sebanyak ratusan kali dalam satu detiknya, pada dasarnya titik jatuh ini berbentung piringan oval. Bentuk ini meningkatkan efek gesekan pada atmosfer dan membuat kecepatan hujan menjadi lambat. Coba bayangkan saja kalau kecepatan hujan begitu cepat seperti peluru, pasti permukaan muka akan mengalami kehancuran yang cukup parah.
  • Satu tetes air huhan yang jatuh dari ketingian 1.200 meter bisa berefek sama seperti benda yang beratnya 1 kilogram jatuh pada ketinggian 15 cm. hal ini disebabkan karena tinginya energi potensial yang ada pada ketinggian itu dan juga efek dari gravitasi.
  • Setiap detik ada sekitar 16 juta ton air yang menguap, air yang menguap ini bias berasal dari laut, sungai, dan sungai. Selama proses penguapan hingga jatuh menjadi hujan air tersebut menempuh perjalanan dengan rajak ratusa kilometer.
  • Air hujan memiliki aroma yang khas, kalian dapat merasakannya ketika hujan sudah redah. Contohnya saja tanaman yang telah di diguyur hujan akan mengeluarkan aroma khas. Hal ini disebabkan karena up minyak yang dikeluarkan oleh tanaan, bakteri, maupun bahan-bahan kimia yang ada di daerah tersebut.

sumber

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s