Thomas Alva Edison

Thomas alva edison adalah salah satu penemu yang paling berpengarui sepanjang perjalanan manusia. Thmas sudah bekerja keras pada saat usianya masih mudah dan telah mempatentkan sekitar dari 1.093 hasil penemuannya, salah satunya adalah bola lampu, gramophone, dan rekaman serta film. Ketiga temuannya itu telah membangkitkan industri-industri besar dan telah mempengaruhi kehidupan manusia. Thomas dikenal sebagai penemu yang menerapkan prinsip “produksi massar” untuk penemuannya.thomas alva edisonEdison telah mendapatkan skill dalam bidang kelistrikan ketika umurnya masih 11 tahun. pada usia 21 tahun ia telah mengembangkan dan mempatentkan penemuannya yang berupa mesin yang merekam telegraph.

Sewaktu kecil edison hanya bersekolah secara formal selama 3 bulan, dan selanjutnya pendidikanya diproleh oleh ibunya. Ia mengajari edison bagaimana cara membaca, menulis, dan matematika.edison juga sering membaca buku-buku yang ditulis dari edward gibbon, william shakespeare, dan charles dickens.

Edison pada usia 12 tahun telah memiliki penghasilan dari hasil menjual koran, buah apel, dan gula-gula di jalur kereta api. Pada waktu itu juga edison menjadi setengah tuli, dan ia menulis di dalam diarinya “saya tidak pernah mendengar burung bernyanyi sejak saya berusia 12 tahun”.

Kemudian pada usia 15 tahun ia tetap berjualan dan telah membeli sebuah mesin cetak kecil bekas yang ia pasang pada sebuah bagai mobil. Karena telah memiliki mesin cetak sendirinya ia pun mencetak korannya sendiri yang diberi nama “weekly herald” dan dieedit lalu dijual.

thomas alva edison waktu muda

Pada musim panas tahun 1862, edison menyelamatkan seorang nank yang berusia 3 tahun dari sebuah tabrakan. Ayah dari anak yang diselamatkan oleh edison merupakan kepala stasiun kereta api dimana ia biasanya menjual. Dan sebagai tanda terimah kasih ia diajari bagaimana cara menggunakan telegraph. Setelah 5 bulan mempelajari telegraph edison akhirnya bekerja sebagai ahli telegraph selama 4 tahun. sebagian besar gajinya ia gunakan untuk membangan berbagai macam laboratorium dan pelaratan listrik.

Edison senang ketika mempelajari sesuatu dan membaca buku-buku yang ada. Dari semua ilmu yang ia dapat, edison menerapkannya ke dalam berbagai macam eksperimen yang ia lakukan di laboratoriumnya yang kecil. Edison tinggal di laboratoriumnya dan hanya tidur selama 4 hari sehari, dan makan dari makanan yang bawa oleh asistennya. Ia terus menertus melakukan eksperimen sehingga pengemuannya menjadi sempurnah. Semua hal yang ia dapatkan itu adalah hasil dari kerja kerasnya.

sumber

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s