Bung Tomo, Seorang Pahlawan

Pahlawan nasional yang satu ini bernama sutomo atau lebih sering di panggil dengan sebutan bung tomo. Ia lahir di jawa timur, lebih tepatnya di kota surabaya pada tanggal 3 oktober 1920. Ayahnya bernama tjiptowidjojo dan pernah bekerja sebagai pegawai pemerintahan pada waktu itu.

bung tomo

Bung tomo dibesarkan di rrumah yang sangat menghargai pendidikan, ia berbicara dengan terus terang dan penuh semangat. bung tomo adalah orang yang memiliki tipe pekerja keras. Ketika masih berumur 12 tahun ia terpaksa meninggalkan pendidikannya di MULO, kemudian ia melakukan beberapa pekerjaan kecil-kecilan untuk mengatasi dampak depresi yang melanda dunia pada waktu itu. Sutomo menyelesaikan pendidikan HBS-nya melalui korepondensi, tetapi tidak pernah lulus secara resmi.

Sutomo lalu bergabung dengan KBI, yaitu organisasi kepanduan bangsa indonesia. pada usia 17 tahun ia menjadi terkenal karena ia berhasil menjadi orang ke dua hindia belanda (nama indonesia sewaktu dijajah oleh belanda) yang mencapai peringkat pandu garuda. Sebelum masa penjajahan jepang, peringkat itu hanya dicapai oleh 3 orang indonesia.

bung tomo 2

Sutomo pernah menjadi seorang jurnalis yang sukes, dan bergabung dengan berbagai kelompok politik dan sosial. Sewaktu ia diangkat menjadi anggora gerakan rakyat baru pada tahun 1944 yang didukung oleh jepang, tak ada seorang pun yang mengenalnya. Peran yang sangat penting bung tomo terjadi ketika tentara NICA menyerbu habis-habis kota surabaya pada bulan november 1945. Ia memimpin rakyat surabaya untuk melawan tentara NICA yang ingin menguasai kota tersebut. Salah satu yang paling tidak bisa dilupakan dari bung tomo ialah pidatonya yang sangat fenomenal sewaktu membangkitkan semangat para rakyat Surabaya untuk mempertahankan kota mereka. Simaklah pidato bung tomo dibawah ini.

sumber

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s