pengertian dan fungsi ram

RAM adalah singkatan dari Random Access Memory atau biasanya juga si sebut sebagai memory. Ram merupakan salah satu sebuaah jenis alat untuk menyimpan data pada sebuah komputer ataupun media elektronik lainnya seperti itu HP, notebook, netbook, dan lain-lain yang bersifat hanya sementara. Dengan kata lain bila komputer telah di matikan maka semua ada yang ada akan hilang.  Berikut contoh penggunaan ram pada komputer.

ram

Sebagai contoh:

  1. Kita ingin memputar sebuah audio menggunakan program winamp, secara otomatis winamp yang berada pada harddisk di pindahkan ke ram. Kemudian ram akan mengelola winamp sehingga dapat di keluarkan ke output device seperti speaker maupun monitor.
  2. Ketika membuka sebuah program game yang telah terinstall maka secara otomatis file game akan di pindahkan ke ram dan akan diolah kemudian akan masuk ke dalam program game.

itulah mengapa apa bila kita menggunakan komputer yang memiliki kapasitas ram hanya 128 MB, dan membuka banyak aplikasi atau program akan mengalami hang. Karena program yang dioleh lebih besar dari dari pada kapasitas ram. Ibaratnya seseorang yang melakukan kegiatan mencuci, memasak, menyetrika dalam waktu bersaman, pasti ia akan pusing dan akhirnya hang (wkwkk orang bisa hang ya?)

Dan biasanya suatu sistem operasional memerlukan standar memory sendiri, contohnya seperti sistem operasional windows vista harus memiliki mininal kapasitas ram 1 GB. Artinya untuk dapat menjalankan sistem tersebut dibutuhkan paling tidak ramnya 1 gb, dan sisanya untuk program-program yang akan diinstal.

Kesimpulannya bila menggunakan ram yang berkapasitas tinggi maka program-program yang ada pada komputer tidak akan mengalami hang. Untuk mengetahui berapa besar ram yang kita pakai tekan tombol “ctrl + alt + del” kemudian akan muncul task manager, lalul lihat pada bagian memory useage. Liat gambar berikut ini.

task manager

sumber

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s