burung walet

Burung walet adalah burung yang masuk dalam family apodidae. Bentuk burung ini menyerupai burung layang-layang. Burung yang satu ini tidak memiliki hubungan kekerabatan dengan spesies burung yang berkicau. Burung walet memiliki ukuran kaki yang sangat pendek, dan jarang berdiri diatas tanah, melainkan ia lebih suka untuk bergelantungan di permukaan yang tegak lurus.

burung walet

Habitat asli burung walet adalah di dalam gua-gua. Karena di dalam gua burung walet terhindar dari gangguan binatang buas, predator, terlindung dari terpaan angin yang kencang, terik matahai, dan hujann.Habitat yang sesuai dengan burung walet harus bersuhu sekitar 26-30 C. kelembaban udara sekitar 80-90% dan dengan untuk mencari makanan.Cahaya yang cocok untuk sarang burung walet tidak boleh lebih dari 2fc atau setara dengan cahaya dari 2 buah lilin, ternyata burung walet suka yang gelap-gelap.

Oleh karena itu diperlukan perlakuan khusus untuk menjaga populasi burung walet pada bangunan yang telah ia tempati. Contoh perlakuan khusus itu seperti bangunan harus mempunyai lubang ventilasi. Ada yang unik dari burung satu ini, yaitu ia membuat sarangnya dengan air liurnya sendiri. Banyak yang mengatakan bahwa sarang burung walet dapat menyembungkan berbagai macam penyakit, sehingga harga sarang burung walter bisa mencapai angka jutaan rupiah.

sarang burung walet

sumber

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s