fakta tentang kuku

Pasti selama ini kita berpikir bahwa pertumbuhan kuku di tangan dan di kaki berjalan seimbang, tapi tahukah kalian bahwa kuku tangan lebih cepat pertumbuhannya dibanding dengan kuku kaki.

kuku

Ahli dermotalogi mengungkapkan bahwa pertumbuhan kuku tangan lebih cepat daripada dengan kuku kaki. Bisa dibilang pertumbuhan kuku tangan lebih cepat tiga kali lipat dibandung kuku kaki. American academy of dermatology mengungkapkan bahwa kuku tangan tumbuh sekitar 0,1 mm perhari atau sekitar 0,004 inchi perhari. Jadi pertumbuhan kuku selama sebulan adalah sekitar 0,12 inchi. Banyak faktor yang mempengaruhi pertumbuhan kuku baik kuku tangan maupun di kaki adalah hormon, usia, dan iklim.

Kuku tangan diproduksi oleh sel kulit yang hidup di tangan. Kuku tangan terdiri dari beberapa bagian termasuk nail plate (bagian kuku yang dapat dilihat oleh mata, nail bead (kulit yang terdapat di nail plate), kutikula (jaringan yang melapisi plate dan bagian dasar kuku), nail fold (lapisan kuliat yang membentuk kuku dan mendukung kuku dari tiga sisi), lunula (bagian kuku yang berwarna keputihan berbentuk seperti bulan sabit yang terdapat di bagian bawah kuku), dan matriks (bagian kuku yang tersembunyi di bawah kutiluka)

kuku kaki

Kuku sebagian besar dibentuk oleh keratin, yaitu sebuah protein yang keras. Sebagai sel yang baru tumbuh dalam matriks, sel yang lama akan dipaksa keluar. Walaupun kecepatan pertumbuhannya berbeda, tetaplah beri perawatan yang sama antara kuku tangan dan kaki agar terhindar dari infeksi dan jamur yang bisa tumbuh pada kuku.

Berikut fakta-fakta tentang kuku

  1. Kuku tumbuh sekitar 0,1 mm perhari
  2. Kuku jari tangan tumbuh tiga kali lebih cepat dibanding kuku jari kaki
  3. Kuku jari kaki lebih tebal dua kali daripada kuku tangan
  4. Kuku laki-laki tumbuh lebih cepat daripada kuku prempuan

semoga artikel ini bisa menambah pengetahuan teman-teman wkwkk.

sumber

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s