tentang firewall

Firewall adalah seperangkat software atau hardware yang akan menyaring data yang keluar maupun masuk dalam sebuah jaringan komputer. Bila ada data yang dianggap berbahaya seperti virus, spyware, dan trojan maka firewall akan melarangnya untuk keluar ataupun masuk ke dalam sebuah jaringan.

firewall

Tanpa mengaktifkan firewall, semua komputer yang berada di dalam jaringan tersebut bisa diakses oleh siapa saja melalui internet. Seseorang yang mengetahui apa yang dilakukan oleh karyawan kantor ketika mengaktifkan komputernya, dengan memeriksa port apa saja yang terbuka di komputer tersebut.

Firewall juga dapat membuat sebuah kebijakan security, misalnya saja dari 100 komputer yang ada , hanya 1 komputer yang bisa menerima akses FTP dari internet, dan yang lainnya tidak bisa.

Tidak hanya sampai disitu, firewall juga dapat membuat kebijakan serupa untuk web server,e-mail selver, telnet server dan lain-lain sebagainya. Firewall juga menyaring website apa saja yang boleh untuk diakses oleh komputer karyawan. Firewall memberikan wewenang kepada administrator perusahaan untuk mengontrol tingkah laku para karyawannya ketika berinternet.

Berikut metode-metode yang biasanya digunakan para administrator untuk mengontrol kegiatan karyawannya ketika bermain iternet :

Packet filtering –  Paket data diperiksa menggunakan seperangkat aturan penyaringan. Paket yang lulus proses penyaringan akan diizinkan untuk meneruskan perjalanannya, sedangkan jika tidak lulus akan secara otomatis dihapus oleh firewall.

Proxy service – Data yang berasal dari internet diterima oleh firewall, kemudian diteruskan pada komputer yang merequestnya, begitu pula dengan sebaliknya

sumber

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s