cerita fico

ini adalah sebuah cerita yang dibuat oleh fico yang di post di blognya. Namanya mulai terkenal dalam dunia standup comedy setelah mengikuti kompetisi stand up comedy indonesia season 3 yang diselenggarakan oleh kompas TV. Ia ditetapkan sebagai juara dua SUCI 3 setelah kalah oleh babe, perwakilan dari kota medan di babak final. Tapi disini saya tidak ingin panjang lebar lagi. Simaklah cerita tentang kehidupan fico sebelum dan setelah menjadi comic nasional di indonesia.

fico 1

Udah ngantuk banget, tapi ngga jadi tidur :)) Gua kaget di mention @apriliokevin. Maksudnya dunia gua udah aneh banget. Dulu gua punya cita-cita di twitter, waktu gua masih alay. Cita-cita gua adalah, mention gua di bales @poconggg sama twitter gua di follback @radityadika. Dulu berkali-kali gua mentionin mereka, udah usaha selucu apapun, sebanyak apapun, ga ada hasilnya. Waktu berjalan, gua hampir lupain ambisi itu. Karna ngga mungkin juga dibales. Followers mereka jutaan.

Mention yg masuk ratusan perdetiknya. Jadi gua anggap orang yg mention nya di bales radit, sama pocong, itu hoky nya gede banget. Dan hoky gua ngga sebesar itu. Hari-hari gua berjalan seperti biasa, sampe gua nonton video youtube raditya dika lagi stand up.

Gua ketawa, ngga ngakak guling-guling. Itu alay. Gua ketawa karna “anjrit” ini kok pemikiran nya bisa gini. Stand up comedy keren banget. Gua langsung mau coba. Besok nya gua cari-cari info di twitter ternyata ada akun @standupindo. Rasa penasaran gua makin besar, cari-cari lagi dimana tempat buat gua nyoba stand up, belom dapet, gapapa.

fico 2

Gua langsung bilang sama abang gua, “lu harus nonton video raditya dika stand up!” Dia bilang apa? “Stand up apaan?” Dulu stand up belom booming kaya sekarang. Pas dia nonton dia juga kagum. Ngga kagum guling-guling. Itu alay. Dia kagum dan pengen nyoba juga.

Yaa, namanya jodoh, ngga lama ada broadcast message dari @fauzaiam. Iam ini temen abang gua dari SMA, dan kebetulan dia udah ikut stand up duluan. Dia bilang ada openmic di detos. Gayung bersambut. Hah?! Gayung bersambut?! Maksudnya bersambut gimana? Bersambut sama apa?! Oke SKIP!

Iya, gua ngga banyak mikir, gua langsung nekat aja ke detos, tanpa nyiapin materi atau mental atau apapun deh, yg ada di kepala gua cuma, “gua mau stand up” Gua sampe di detos dan naik panggung. Udah ketebak lah yaa, sesuatu yang tanpa persiapan itu persentase gagalnya 85%. Dan gua gagal. Ngga lucu. Abang gua berhasil, dia lumayan lucu. Gua kapok sementara abang gua ketagihan. Dia keliling terus, hampir setiap hari dia openmic.

Depok, sudirman, kemang, bintaro, bogor, bekasi. Gua juga bukan nya ngga latian, gua nontonin video-video stand up di youtube, gua juga nulis materi, cuma ngga naek panggung aja karna belom siap, kalopun dipaksain toh belum tentu berhasil.

fico 3

Perbedaan yang jelas dari teori dan praktek adalah kematangan. Abang gua praktek terus dan jauh lebih matang dari gua. Bahkan waktu itu dia sampe diundang metro tv buat acara openmic. Abang gua masuk tv, gua bahkan belom naik ke panggung openmic kedua gua. Gua membara!! dan memutuskan buat serius di stand up.

Gua openmic, dan gak lucu lagi, openmic lagi dan gak lucu lagi. Begitu terus berbulan-bulan. Tapi gua ngga nyerah. Sampe akhirnya ada kompetisi #streetcomedy2 dan ada audisi nya di depok. Gua sama abang gua ikut. Dan kita berdua lolos ke semi final. Ahh~ indahnya. Kakak-beradik yang lucu, dan kompak.
Tapi sayang langkah abang gua terhenti di final, sementara gua lolos ke final. Kebahagiaan gua belom lengkap. Di final juga gua ngga juara. Tapi mencapai final #streetcomedy bukan hal yang mudah. Itu ajang bergengsi :))

Selesai itu wawasan gua tentang stand up comedy bertambah luas, gua juga jadi tau ada #SUCI. Waktu itu suci2. Gua nonton terus live nya di usmar ismail. Ketika nonton, seringkali gua berucap, “gila! Itu keren banget. Gua mau suatu saat ada di panggung itu, kompetisi itu!”
Yaa, ucapan itu jadi kenyataan. Bahkan gua sama abang gua bisa sepanggung juga di suci3. Ketemu banyak comic hebat, artis dan band. Masuk suci followers gua naik drastis. Sebelom di suci followers gua 300an, sekarang waktu tulisan ini gua tulis followers gua udah 50ribuan.

Gua jadi inget cita-cita dulu. Cita-cita yg hampir pupus kembali terpupuk. Di follback radit terus di mention poconggg. Gua berhasil di follback radit, dan ngga lama gua mention poconggg terus di bales. Sederhana, tapi itu cita-cita. Dan ketika tercapai gua senang :))

Bukan cuma radit dan poconggg bahkan, sekarang gua suka mentionan sama orang-orang yg dari dulu gua nge-fans banget. Pandji, Fitrop, Gepamungkas, Kemal Palevi dan yg ngagetin banget, gua di mention Kevin Aprilio, yang ganteng banget itu, yg vieratalle itu. Yg mirip sama gua itu. Dia bilang “bro @ficocacola aku fans beratmu, aku download semua video live kamu. Sukses terus bro” kaget men!

Ini terlalu cepat. 3-4 bulan hidup gua berubah sangat drastis. Uang jajan, banyak temen, minta foto, tanda tangan. Kadang sebelom tidur gua suka merenung dan memikirkan ini. Kenapa nasib gua sebagus ini? Apa ini buah dari hasil jerih payah selama ini? Buah dari berbulan-bulan ngga lucu tapi tetap punya mental baja untuk terus maju? Buah dari keyakinan? Entah apapun itu, gua sangat bersyukur kepada Sang Pencipta :))

Banyak lagi yang mau gua ceritain, bikin buku seru ngga ya?😀

sumber

Tinggalkan Balasan

