Mereka Kebal Hukum

Siang, 16 Agustus 2014. Saya berangkat dari rumah ke sekolah. Bukan telat bangun, tapi saya sudah ke sekolah, lalu kembali untuk ganti baju dan ke sekolah lagi. Sambil di bonceng bapak, saya asyik menulis cerita di HP tercinta, HP Nokia E63 produksi 2008.

Di jalan, kami berhenti dan stop di belakang zebra cross. Lampu lalu lintas berganti dari merah ke kuning, kuning ke hijau, dan kendaraan jalan. Tiba-tiba, ada dua motor patroli polisi mengawal 20 mobil mewah, melaju dengan kecepatan cepat dari arah yang berlawanan.

Mobil paling depan berwarna hitam dengan sepotong kayu yang bagian atasnya berbentuk lamcip. Kayu itu menandakan, orang yang ada di dalamnya adalah petinggi negara, mungkin saja dia jendral, menteri, ataupun pejabat penting lainnya.

Yang seharusnya sudah giliran kami untuk melintas karena lampunya hijau. Harus menunggu hingga mereka orang pentin ini lewat. Hal hasil, hingga giliran kami selesai, kami tetap tidak lewat alias tidak bergerak dari tempat.

Padahal menurut peraturan yang berlaku, orang boleh melintas jika lampunya hijau, dan harus berhenti ketika lampunya merah. Tapi itu tidak berlaku untuk orang yang berkuasa.

Dari kejadian simpel ini saya mengambil pelajaran. Benar apa yang dikatakan orang-orang “Hukum itu seperti pisau. Tumpul diatas dan tajam dibawah”.

Hukum tidak berlaku untuk mereka yang berkuasa, dan hukum hanya berlaku untuk rakyat kecil seperti kita semua. Itulah sebabnya, walaupun ada peraturan tegas tentang korupsi, penggelapan pajak, dan sebagainya. Korupsi masih tetap saja. Tapi ayo kita mendukung KPK dalam menjalankan tugasnya.

Kebeteulan ketua KPK saat ini adalah putra Sulawesi. Walaupun Pak Abraham Samad nantinya sudah bukan ketua, bapak tetap inspirasi kami.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s