Pemain Unik, Supporter Unik KFL

Jum’at 14 November 2014. Hari penuh momen, penuh keseruan, dan penuh cerita.

Hari ke sembilan, Honda KFL 2014. Saya berdiri belakang pemain SMP 3 Makassar, tim futsal yang memiliki dua pemain unik. Lima menit pertandingan berlangsung, pemain bernomor punggung 31 (samarkan namanya jadi Dony) mendapatkan kartu kuning. Mungkin terdengar biasa-biasa saja.

IMG_6129

Tapi saat itu, Dony adalah pemain cadangan. Kalau dia cadangan, kenapa dapat kartu kuning? Di sini keseruannya. Saat temannya yang dilapangan mencetak gol, Dony masuk ke lapangan dan joget-joget tak jelas. Sekilas saya liat, mirip joget di YKS. Temannya yang cetak gol, dia yang dapat kartu kuning. Benar-benar tak masuk akal.

 Dua menit setelah kejadian itu, saya masih stay cool di belakang bangku cadangan. Tiba-tiba, Dony balik ke saya sambil memonyongkan bibirnya. “Kak… Foto dule” katanya, tersenyum.

Dengan spontan, saya langsung memotret wajahnya yang (HAMPIR) terlihat maco. Keseruan kembali berlanjut. Saya seorang diri menghadap ke suppporter SMP 3 Makassar. Walaupun jumlah mereka tak terlalu banyak. Tapi berhasil membuat saya ikut bernyanyi bergembira.

Diantara kerumunan supporter, ada tiga cewek. Mereka tampil mencolok dengan ekspresi lucu. Lucunya, ketika saya menatap mereka tanpa kemara, mereka ikut bernyanyi dan bergerak mengikuti irama. Tapi entah kenapa, ketika saya membidiknya dengan kamera, mereka diam, bibir mereka tak bergerak, dan tak ingin menatap ke saya.

Anak muda menyebutnya, Jaim (Jaga Image). Ketika yang lainnya, tersenyum saat ingin difoto, mereka malah diam dan berdiri seperti paku.

Babak kedua, Dony masuk menggantikan temannya. Dony tak membutuhkan waktu yang lama untuk mencetak gol. Dan lagi-lagi, sebagai bentuk ekspresi. Dia dan beberapa temannya, langsung berjoget ala YKS di tengah lapangan. Tak hanya itu, Dony juga mencium kepala temannya yang kebetulan botak.

Entah apa yang terjadi dengan Dony -__- Dan menurut teman saya Mutiara Nurul Qalby, Dony lebih berbakat jadi dancer dibanding pemain futsal. Semoga Dony bisa menyadari bakatnya itu. Amin.

Waktu terus berjalan, langit mulai gelap dan saya terpanggil untuk pulang. Dengan kepala yang tertunduk, saya berjalan ke parkiran. Di sana, saya bertemu dengan cewek yang saya foto tadi (cewek dari SMP 3 Makassar). Tanpa alasan yang saya ketahui, ia menatap saya dengan sinis.

IMG_6139Saya merasa bersalah, telah membuatnya harus menjaga image. Saya mau mengambil jalan lain, tapi jalannya becek. Mau tak mau, saya harus melewati jalan yang ditempatinya. Langkah saya semakin cepat, hingga akhirnya saya menghilang dari pandangannya.

Yaa begitulah, untuk mengabadikan suatu momen. Dibutuhkan keberanian dan kesabaran. Dan saya, menyukai pekerjaan ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s