Kesalahan

Kesalahan pertama dalam menulis sebuah cerita adalah membuat SEMUA tokoh dalam cerita itu menjadi perfect. Dia kaya, orangnya pintar, baik hati, penolong dan sebagainya.

Dan karena ke-sempurna-an itu, penulis akan sulit mencari celah untuk menemukan konflik dalam kehidupannya. Penulis mau bahas tentang konflik romance, eeh diakan perfect, banyak cewek yang mau sama dia. Mau bahas perjuangan dia membeli mobil keren, dia kan kaya, tinggal pilih merk dan warna mobilnya. Tanpa konflik, sebuah cerita tidak akan menarik lagi untuk diteruskan.

Tapi coba buat karakter yang punya kekurangan. Misalkan, dia orang miskin. Si penulis bisa ambil konflik tentang cara dia mendapatkan uang. Apa saja perjuangannya untuk bisa menghidupi dirinya. Dan banyak lagi contoh lainnya. Dimana ada kekurangan, disitu ada konflik. Semakin rumit konfliknya, pembaca akan semakin tertarik menghayati jalan ceritanya hingga endingnya. Yang dimana endingnya, susah untuk ditebak.

Dan mungkin karena itu, di kehidupan nyata, kita tidak diciptakan sempurna. Agar kita tetap hidup dalam konflik dan terus berusaha mencari ending untuk jalan hidup masing-masing.

*analisis abal-abal*

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s